MANAJEMEN KEGIATAN PONDOK PESANTREN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SDM SANTRI

  • Muhammad Zakiy Humaida Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Tirta Dimas Wahyu Negara Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 28 , PDF downloads: 9
Keywords: Manajemen, Pondok Pesantren, SDM, Santri

Abstract

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan terletak di jalan Parang Menang, Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo, Jawa Timur. Pemikiran tentang pentingnya manajemen kegiatan di pondok pesantren dipandang sebagai suatu kebutuhan agar dapat meningkatkan kualitas SDM santri, serta sebagai landasan untuk perkembangan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu manajemen kegiatan di pondok pesantren ini layak untuk dilaksanakan. Manajemen memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan di pondok pesantren supaya kegiatan-kegiatan tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dalam pengabdian ini peneliti menggunakan metode pendekatan (ABCD) Asset Based Community Development, dimana metode tersebut mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi yang sudah ada disekitar dan dimiliki oleh pondok pesantren. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berdampak signifikan pada peningkatan manajemen kegiatan di pondok pesantren, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi. Proses manajemen di pondok pesantren tahfidzul qur’an ini berjalan dengan baik meskipun belum dapat berjalan secara optimal dan masih terdapat kekurangan. Pondok pesantren tidak lagi kaku dalam hal manajerial, bahkan pondok pesantren memiliki nilai lebih dalam meningkatkan kualitas akhlak, moral, karakter, dan kemampuan skill santri dalam menghadapi tatangan zaman dan nantinya dibutuhkan ketika terjun dalam kehidupan bermasyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatah, Abdul Mukti. (2005). Rekontruksi Pesantren Masa Depan. Jakarta: Lista Fariska Putra.
Wahid, Abdurrahman. (2001). Menggerakkan Tradisi-Tradisi Esai-Esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS.
Akdon. (2006). Strategic Manajemen for Educational Management. Bandung: Alfabeta.
Tayibnapis, Farida Yusuf. (2008). Evaluasi Program & Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan & Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Syukur, Fatah . (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Qomar, Mujamil. (2007). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Nasruloh. (2019). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Sikap Kemandirian Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Minhajut Tholabah Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga). IAIN Purwokerto.
Saefullah. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Nurmela, Siti. (2016). Manajemen Pondok Pesantren Salafiyah dalam Meningkatkan Kualitas Santri. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah Volume 1, Nomor 4.
Suhartini. (2015). “Problem Kelembagaan Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren“, dalam A. Halim, Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Published
2022-10-26
How to Cite
Humaida, M. Z., & Wahyu Negara, T. D. (2022). MANAJEMEN KEGIATAN PONDOK PESANTREN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SDM SANTRI. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 17-26. https://doi.org/10.30957/cendekia.v16i2.676
Section
Articles