PENERAPAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA KAMPUNG ADAT CIREUNDEU DI ERA MODERNISASI

  • Annida Nurhaniffa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Warli Haryana Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract views: 536 , PDF downloads: 544
Keywords: Kearifan lokal, Budaya Cireundeu, pangan lokal, tradisi

Abstract

Kampung adat cireundeu yang berlokasi di Kota Cimahi, sebuah kampung yang memiliki kebudayaan unik dengan beragam adat dan tradisinya. Penerapan nilai-nilai kearifan lokal merupakan suatu upaya untuk meminimalisir dampak negatif dari arus globalilasi pada era moderenisasi ini. Karena dampak globalisasi akan menjadi suatu ancaman yang serius apabila generasi muda tidak didasari oleh kesaddaran akan pentingnya nilai-nilai adat dan tradisi yang berlaku dalam lingkungannya. Metode yang dilakukan yaitu kajian pustaka. Hasil dari kajian ini menunjukan bahwa kearifan lokal dalam upaya menjaga ketahanan budayanya yang dilakukan oleh masyarakat kampung adat Cireundeu mampu hidup berkembang dalam masyarakat adat tersebut selama ratusan tahun yakni terhitung sejak 1918 hingga saat ini. Kemampuan mereka mempertahankan kebudayaannya dari generasi ke generasi. Kearifan lokal Kampung adat Cireundeu memiliki konstribusi terhadap swasembada dan diverifikasi pangan yang baik dengan angka yang kecukupan bahkan surplus produksi pangan, tumbuhnya ekonomi lokal berbasis bahan baku setempat, kemandirian pangan, industri rumahan serta kegiatan pariwisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emilda, N., Rohaeni, J. A., Listiani, W., et al. (2018). Nilai Karakter Dalam Habituasi budaya Masyarakat Kampung Adat Cireundeu.
Fadhilah, Amir. (2014). Budaya Pangan Anak Singkong dalam Himpitan Modernisasi
Published
2022-09-28
How to Cite
Nurhaniffa, A., & Haryana, W. (2022). PENERAPAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA KAMPUNG ADAT CIREUNDEU DI ERA MODERNISASI. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 17-24. https://doi.org/10.30957/cendekia.v16i1.714
Section
Articles