Prospek Karir Sarjana Lulusan Pendidikan Agama Islam di Era 5.0

  • Muhammad Ra'uuf Saksono Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Fitri Nurfatin Maiyasaroh Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Yushinta Eka Farida Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Abstract views: 24 , PDF downloads: 20
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Era Society 5.0, Lulusan PAI

Abstract

Pendidikan agama Islam memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan nilai-nilai moral individu. Namun, dalam era 5.0 yang ditandai oleh perkembangan teknologi yang pesat, terdapat tantangan baru yang dihadapi oleh lulusan sarjana pendidikan agama Islam dalam membangun prospek karir mereka. Masalah penelitian ini mengeksplorasi bagaimana lulusan pendidikan agama Islam dapat menghadapi dinamika era 5.0, serta bagaimana pengetahuan dan rencana pemecahan masalah dapat memberikan solusi konkret terhadap tantangan tersebut. Penelitian ini merumuskan tujuan penelitian untuk mengidentifikasi apa saja kegiatan yang dilakukan sarjana PAI di era 5.0 setelah menyelesaikan kuliahnya dan langkah apa saja yang diambil. Strategi apa saja yang perlu disiapkan untuk menghadapi tantangan dan peluang setelah lulus di era 5.0. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif. Menggunakan 3 instrumen yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah mendapatkan data dari instrumen tersebu langkah selanjutnya peneliti akan menanalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan bahwa tantangan yang harus dihadapi dalam menghadapi era society 5.0 bagi lulusan PAI yaitu dengan memahami seluk beluk dalam era tersebut dengan cara memahami tersebut maka kemungkinan lulusan tidak akan merasakan kesusahan dalam menemntukan pekerjaan yang cocok bagi mereka, dan pada intinya mereka harus bisa mengembangkan kemampuan yang mereka memiliki hal tersebut akan memberikan nilai tambah dan nilai pembeda dalam diri mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Muhson, Daru Wahyuni, Supriyanto, Dan Endang Muyani. 2031. Analisis Releansi Lulusan Pergruan Tinggi Dengan Dunia Kerja. Yogyakarta: Jurna Eonomia, Vol 8, No 1.
Bayu Anggi Nugraha. 2018. Problem Penentuan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir (Studi Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Iain Batusangkar). Batusangkar.
Dyah Ayu Noor Wulan Dan Sri Muliati Abdullah. 2014. “Rokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi” 5: 55.
Hartono. 2018. Bimbingan Karier. Prenada Media.
Kobandaha, I. M. 2021. Harmonisasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam Dan Kurikulum Pendidikan Nasional. Tadir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1).
Kriyantono, R., & Sa’diyah, H. 2018. Kearifan Lokal Dan Strategi Komunikasi Public Relations Di Bumn Dan Perusahaan Swasta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2).
Muhaimin. 2002. Peradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pai Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad Idris. 2022. Pendidikan Islam Dan Era Society 5.0; Peluang Dan Tantangan Bagi Mahasiswa Pai Enjadi Guru Berarakter. Curup, Bengkulu: Belajea: Jurnal Pendidikan Islam Vol 7, No 1.
Mulyadi Purnama, Wawan. 2018. “Metode, Prinsip-Prinsip, Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Perubahan Zaman, Almunawwarah.” Jurnal Pendidikan Islam 10.
Nurti Budiyanti, Asep Bahria, Dan Uus Ruswandi. 2021. Problematika Dan Tantangan Pembelajarn Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. Inovatif Volume, 7(1).
Purwanto, Edy. 2020. “Pendekatan Pemecahan Masalah” 2: 284.
Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S. 2020. Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. Palembang: Prosidng Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Putra Daulay, Haidar. 2009. Pembangunan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.
Putra, Ph. 2021. “Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0” 1: 11–15.
Refita. 2021. “Prospek Artinya? Pengertian Dan Cara Mendapatkan Prospek.” Finata Blog (Blog). July 5, 2021. Https://Finata.Id/Prospek-Artinya-Pengertian-Dan-Cara-Mendapatkan-Prospek/.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Cetakan Ke-2. Bandung: Pt Alfabeta.
Taufiqur Rahman. 2017. Teks Dalam Kajian Struktur Dan Kebahasaan. Cv. Pilar Nusantara.
Vony Agustin. 2013. Kompetensi Lulusan Sarjana St Rata 1 (S1) Psikologi Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi “X”. I) Calyptra Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol 1 No 1.
Yenny Desnelita, Gustiedina, Irwan. 2022. Model Rekomendasi Karir Mahasiswa Sistem Informasi Menggunakan Sistem Pakar. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Published
2024-04-17
How to Cite
Saksono, M. R., Maiyasaroh, F. N., & Farida, Y. E. (2024). Prospek Karir Sarjana Lulusan Pendidikan Agama Islam di Era 5.0. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(1), 57-64. https://doi.org/10.30957/cendekia.v18i1.861
Section
Articles