Penggunaan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Materi Fungsi Trigonometri Pada Jenjang Sma

  • maya rahayu universitas bina bangsa
  • mamay humaeroh
  • ade fricticarani universitas bina bangsa
  • Putri Rizki Aropiq universitas bina bangsa
  • Tian Septiani universitas bina bangsa
Abstract views: 109 , pdf downloads: 178
Keywords: Kata kunci : software,geogebra,trigonometri.

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang bidang kajiannya absrtak dan memerlukan daya berpikir logis sehingga untuk menyampaikannya diperlukan suatu media agar siswa menjadi lebih memahami materi yang disampaikan dan merangsang siswa untuk meningkatkan kemampuan daya berpikir logis. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan saat ini adalah pengguanaan software. Penggunaan software yang tepat yaitu aplikasi geogebra, aplikasi ini bisa memudahkan pemahaman siswa dalam materi fungsi trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa melalui penggunaan software media pembelajaran Geogebra. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X Ipa 1 SMA Negeri 1 Padarincang 2022/2023 yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi Grafik Fungsi Trigonometri. Keberadaan software GeoGebra dapat membantu guru untuk menyampaikan materi matematika yang abstrak menjadi lebih mudah dipahami karena software dapat memvisualkan hal itu, selain itu software ini dibuat untuk melatih daya kreativitas dan daya kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bhoke, W., & Bara, F. E. (n.d.). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Membelajarkan Materi Trigonometri Pada Siswa Kelas X SMA.
Ekawati, A. (n.d.). PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN MICROSOFT MATHEMATIC DALAM PEMBELARAN MATEMATIKA. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 2, Issue 3).
Maulyda, M. A., Hidayanto, E., & Rahardjo, S. (2019). Deskripsi Representasi Grafik Fungsi Trigonometri Mahasiswa Berbantuan Media Geogebra. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Published
2023-08-14
How to Cite
rahayu, maya, humaeroh, mamay, fricticarani, ade, Rizki Aropiq, P., & Septiani, T. (2023). Penggunaan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Materi Fungsi Trigonometri Pada Jenjang Sma. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 136-151. https://doi.org/10.30957/cendekia.v17i1.840
Section
Articles